Rabu, 12 Agustus 2015

PROFIL STIT DARUL HIJRAH

Pondok Darul Hijrah adalah lembaga pendidikan bagi pembentukan dan pengembangan kepribadian, kemampuan manusia seutuhnya, serta pembinaan ilmu pengetahuan dan agama. Berdasarkan Akta Notaris Bachtiar No. 07 tanggal 08 Maret 1986, Yayasan Pendidikan Pondok Darul Hijrah secara resmi berdiri pada tanggal 11 Maret 1986, sehingga sampai dengan tahun 2015 ini, telah berusia 29 tahun.
Sejarah lahirnya Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah tentunya tidak lepas dari sejarah berdirinya Pondok Darul Hijrah. Perkembangan dan kemajuan zaman yang sedemikian pesat tanpa dihambat telah menimbulkan tantangan berat bagi umat Islam sedunia. Jika umat Islam tidak pandai menyikapinya, maka umat Islam akan tergilas dan menjadi korban kemajuan zaman.
Pendidikan merupakan bagian dari perjalanan hidup umat manusia yang ingin maju. Pendidikan adalah salah satu aspek dalam Islam dan menempati kedudukan yang sentral, namun di sisi lain pendidikan Islam dihadapkan dengan permasalahan-permasalahan, sehingga banyak pendidikan Islam yang ditinggalkan umat Islam sendiri, kajian dan bidang ilmu keislaman semakin surut, khususnya dalam kajian bahasa Arab, tidak selaris manis perguruan dan jurusan umum yang lain, tentunya hal tersebut menjadi buah pikiran setiap pengelola pendidikan tinggi, bagaimana menimbulkan kembali semangat mempelajari keagamaan, khususnya bahasa Arab dalam ranah orientasi akademik.
Maka untuk merespon permasalahan-permasalahan yang dihadapi dunia pendidikan dewasa ini yayasan pendidikan Pondok Darul Hijrah terpanggil untuk mendirikan Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Darul Hijrah dengan harapan dapat menampung para lulusan SLTA dan Aliyah yang ingin melanjutkan studinya ke jenjang yang lebih tinggi.
Di samping itu keberadaan STIT Darul Hijrah sangat menunjang program pemerintah dalam meningkatkan kualitas dan penembahan tenaga pengajar/guru pada tingkat SD, SLTP, dan SLTA atau yang setingkatnya di Martapura, Banjarbaru, dan sekitarnya.
Hasrat dan keinginan untuk mewujudkan STIT Darul Hijrah ini mendapat dukungan dari masyarakat, alumni perguruan tinggi yang berada di Kabupaten Banjar dan sekitarnya, khususnya alumni pondok pesantren Darul Hijrah serta mendapat dukungan dari pemerintah.
Program studi yang dibuka pada tahun akademik 2004/2005 merupakan realisasi dari rencana dan strategi (RENSTRA) tahun 2004. Pembukaan prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) pada tahun tersebut dititik beratkan pada partisipasi STIT dalam mendukung kebijaksanaan pemerintah tentang pengembangan sumber daya manusia. Berdasarkan keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, PBA termasuk kelompok program studi yang sementara ini tidak memiliki jurusan. Yang ada adalah bagian-bagian dengan satu program studi, yaitu Pendidikan Bahasa Arab (PBA).
Sejalan dengan hal itu, pengurus Yayasan Pondok Pesantren darul Hijrah melalui SK Yayasan Pendidikan Pondok Darul Hijrah No. 003/I.15.2/YPPDH/KP/2004 tanggal 11 Maret 2004 telah menetapkan pembukaan Pendidikan Bahasa Arab (PBA) ini disambut oleh peminat Pendidikan Bahasa Arab (PBA) dengan penuh antusiasme, hal ini ditunjukkan dengan animo pendaftaran yang senantiasa meningkat.
Pusat kegiatan proses belajar mengajar atau kampus STIT Darul Hijrah adalah gedung pondok pesantren Darul Hijrah yang disediakan oleh yayasan. Mahasiswa STIT Darul Hijrah terdiri dari para tenaga pengajar dan alumni pondok Darul Hijrah yang rata-rata belum pernah mengenyam pendidikan di perguruan tinggi.
Pada dasarnya mahasiswa STIT Darul Hijrah mempunyai skill bahasa Arab karena hampir semua mahasiswa adalah alumni pondok pesantren yang mempunyai keunggulan bahasa Arab dan Inggris, sehingga STIT Darul Hijrah sudah mempunyai nilai plus tersendiri, sehingga STIT Darul Hijrah hanya perlu menjadikan mahasiswa profesional di bidang bahasa Arab. Sehingga out put dari STIT Darul Hijrah ke depan dapat menjadi ahli di bidang bahasa Arab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar